Terima Aspirasi Penolakan Ormas Paham Radikal, Komisi I Konsultasi ke Kesbangpol Pusat

Imban: Disarankan pemerintah bentuk Perda

0
60
Ardiansyah Imban
Ardiansyah Imban

CINTASULUT.COM,- Beberapa waktu lalu gedung DPRD Provinsi Sulut kerap menerima aspirasi masyarakat, baik dari himpunan mahasiswa maupun dari organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di Sulut terkait desakan agar dibubarkan ormas yang berbau paham radikal. Oleh sebab itu, Komisi I Bidang Pemerintah dan HAM Deprov langsung ambil langkah tepat dengan konsultasi ke Kesbangpol di Jakarta.
Dikatakan Ardiansyah Imban, salah satu personil komisi yang diketuai Ferdinand Mewengkang ini, ada beberapa hal yang terungkap dari hasil konsultasi tersebut, salah satunya usulan agar pemerintah daerah dan DPRD membentuk peraturan daerah (Perda).
“Bila ada satu daerah yang menolak ormas paham radikal, maka disarankan agar pemerintah membentuk Perda,” ujar Imban saat ditemui sejumlah awak media, Kamis (20/4/2017).
Lanjut Legislator Dapil Bolaang Mongondow Raya (BMR) ini, Perda yang dibentuk akan menjadi filter (penyaring) ormas yang masuk di daerah Nyiur Melambai.
“Apabila kemudian melenceng, maka pemerintah provinsi punya kekuatan untuk menghapus ormas tersebut,” terang politisi yang pernah jadi Legislator di Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow ini.
Saat ditanyakan apakah dirinya menolak adanya ormas paham radikal, dengan tegas dikatakan Imban tidak menerima atau menolak ormas berpaham radikal.
“Saya menolak. Sejak awal saya katakan menolak dengan ormas paham radikal, dan saya setuju dengan penegakan hukum. Daerah ini terkenal dengan toleransi antar umat beragama,” tandas dia, seraya menambahkan bahwa Nyiur Melambai terkenal dengan motto “Torang Samua Basudara, Torang Samua Ciptaan Tuhan”.(jane)  (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY