Terima Nilai B, Ketua PN Manado Mengaku Cukup Puas

0
15

Djaniko Girsang2CINTASULUT.COM,- Pengadilan Negeri (PN) Manado patut berbangga. Pasalnya, usai dilakukan penilaian oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung RI beberapa waktu yang lalu, Kamis (30/11/2017) kemarin hasilnya sudah diterima PN Manado Lewat Ketua PN Manado, Dr. Djaniko.MH Girsang,SH.MH di Makassar Sulawesi Tengah.
Dikatakan Girsang saat diwawancarai sejumlah awak media, PN Manado berhasil mengikuti akreditasi dengan nilai B.
“Dari seluruh Indonesia. Perbandingannya dari IA khusus itu ada tiga yang dicalonkan, satu dapat A dan dua dapat B. Pada umumnya kelas IA itu bervariasi, ada yang A dan ada yang B. Tapi pada kelas dua pada umumnya A semua,” tutur Girsang, Kamis (30/11/2017).
Ditambahkan pula dalam waktu enam bulan, PN Manado akan dinilai lagi terkait akreditasi.
“Nanti mereka (Tim) akan turun lagi untuk melihat kita. Kalau memang ada kemajuan, kita bisa naik untuk dapat nilai A,” ucap Girsang.
Namun demikian, dirinya tak menepis bila PN Manado masih ada yang perlu dibenahi.
“Pasti banyak kekurangan itu. Tapi kan cara pengakreditasian itu tidak seperti yang kita bayangkan. Itu ada alat ukur yang namanya kesesuaian, ketidaksesuaian dan rekomendasi. Tapi kita lebih banyak kesesuaian daripada ketidaksesuaian,” aku Ketua PN Manado, sembari menambahkan bila masih banyak Pengadilan Negeri belum terakreditasi.
Untuk hasil B yang kini disandang PN Manado terkait akreditasi, Girsang mengaku cukup puas.
“Hasil itu sudah cukup puas. Untuk kita Pengadilan Negeri Manado, sudah cukup puas. Mudah-mudahan pimpinan yang baru bisa meningkatkan ke kualifikasi nilai A,” tutup Girsang.
Diketahui, Tim Akreditasi dari MA telah memeriksa berkas PN Manado dan mengamati secara seksama kelengkapan sarana dan prasarana, Kamis (19/10) lalu. Dan berhasil menemukan 21 item terkait kekurangan minor. Adapun kekurangan minor yang ditemukan tim akreditasi, ikut membuka ruang bahwa PN Manado layak mendapatkan nilai A. Mengingat, pada pengadilan negeri lainnya, yang telah mendapatkan akreditasi A, sebelumnya juga didapati tim akreditasi adanya kekurangan minor. Bahkan, item kekurangan minor pengadilan negeri lainnya itu lebih tinggi dibanding temuan pada PN Manado.* (jane)

==========
Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY