Terkait Dua Irigasi Pemprov Yang Dirusak PT. KKI, Gubernur: Saya Akan Cek ke Bupati Bolmong

0
86
Inilah penampakan salah satu bagian irigasi di area lahan PT. KKI. Insert: Gubernur Sulut, Olly Dondokammbey.
Inilah penampakan salah satu bagian irigasi di area lahan PT. KKI. Insert: Gubernur Sulut, Olly Dondokammbey.

CINTASULUT.COM,- Tindak lanjut terkait dua irigasi berbanderol miliaran rupiah yang kini rusak berat akibat dibongkar pihak PT Karunia Kasih Indah (KKI) di Desa Bolangat Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong), Gubernur Sulut Olly Dondokambey akan cek langsung kepada Bupati Bolmong.
“Nanti saya akan cek dengan bupati di sana,” ujar Gubernur kepada sejumlah awak media waktu lalu.
Gubernur pun menambahkan bahwa dirinya akan mempertanyakan terkait status lahan di Desa Bolangat Timur yang sudah alih fungsi.
“Saya akan menanyakan mengapa sebelumnya lahan persawahan sekarang jadi lahan perkebunan,” tukas Gubernur.
Diketahui, terjadi alih fungsi lahan HGU seluas 354 hektar dari persawahan jadi perkebunan kelapa sawit oleh PT. Karunia Kasih Indah (KKI), tepatnya di Desa Bolangat Timur, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Dua irigasi yang melintasi area tersebut pun kini tak bisa lagi digunakan masyarakat karena dirusak pihak perusahaan. Padahal, kedua jaringan irigasi tersebut dibangun pemerintah dengan anggaran masing-masing Rp9 miliar pada tahun 1996 dan Rp3,2 miliar pada tahun 2015 untuk mengairi 2.000 hektar sawah, termasuk yang berada di luar area lahan PT. KKI.* (jane)

LEAVE A REPLY