Terkait Pelaksanaan Orientasi Anggota DPRD Sulut, Ini Pendapat Lombok, Lumentut dan Sampel

0
14
Billy Lombok (Ketua Fraksi Demokrat).
Billy Lombok (Ketua Fraksi Demokrat).

CINTASULUT.COM,- Sebanyak 35 Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (17/9/2019) mengikuti kegiatan orientasi yang dilaksanakan di Makasar, Sulawesi Selatan. Pelaksanaan kegiatan selama dua hari ini wajib diikuti Anggota DPRD Sulut mengingat ada sejumlah aturan yang patut diketahui karena mengalami perubahan. Hal ini pula yang disampaikan ketiga Anggota DPRD Sulut dari Partai Demokrat, Billi Lombok (Ketua Fraksi Demokrat), Kristo Ivan Ferno Lumentut dan Ronald Sampel.
Seperti dikatakan Billy Lombok bahwa, banyak Peraturan dan Undang-Undang yang harus diketahui Anggota Dewan. Di samping itu, kegiatan orientasi merupakan hak dari Anggota Dewan.
*Pertama, ini merupakan hak anggota dewan dan sesuai dengan kebutuhan DPRD,” tutur Lombok yang diwawancarai sejumlah awak media, Senin (16/9/2019) di kantor DPRD Sulut.
Ditanya apakah kegiatan orientasi tersebut penting dilakukan, dengan tegas dikatakan Legislator dua periode ini adalah hal yang penting.
*Karena sudah difasilitasi oleh pemerintah. Dan, hal-hal yang sudah difasilitasi ada tingkatan urgensinya,” ujar Lombok.
Adapun alasan dikatakan penting menurut Lombok karena berhubungan dengan tugas Anggota DPRD.
“Supaya tidak salah, misalnya menyerap aspirasi masyarakat dan sesuai dengan kewenangan, apakah kewenangan kabupaten/kota atau provinsi. Nah, itu yang harus dijelaskan secara perundang-undangan,” tutur dia.
Selain itu, lanjut Politisi dari Partai Demokrat ini, orientasi tersebut bisa belajar terkait hak dan kewajiban sebagai Anggota Dewan.
“Batasan-batasannya seperti apa yang penting untuk dimengerti,” ucap dia.
Lebih lanjut lagi dikatakan Lombok, perlu dipelajari ketentuan-ketentuan dalam perundang-undangan terkait dengan kinerja Anggota DPR.
“Sedangkan yang sudah berpuluh-puluh tahun masih perlu bimbingan teknis apalagi anggota dewan yang dalam waktu singkat di hadapan masyarakat harus berbuat secara maksimal,” tandas Lombok.

Kristo Ivan Lumentut
Kristo Ivan Lumentut

Senada dikatakan Kristo Lumentut, pentingya kegiatan orientasi agar bisa belajar dan mengerti apa yang harus dilakukan Anggota Dewan, terlebih yang baru pertama duduk di Lembaga Politik tersebut.
“Sehingga dalam tugas dan tanggung jawab nanti, kita bisa bekerja lebih maksimal, lebih efektif, dan lebih cepat memberikan solusi apa yang menjadi aspirasi masyarakat,” ungkap Lumentut seraya menambahkan bila dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.
Hal yang sama pun disampaikan Ronald Sampel. Dirinya mengaku, sebagai Anggota Dewan baru ia sadar bahwa pentingnya kegiatan orientasi itu karena perkembangan peraturan yang terus mengalami perubahan.

Ronald Sampel
Ronald Sampel

“Biar kita bisa update aturan yang berlaku, sehingga bisa diterapkan apalagi menyangkut kepentingan masyarakat,” tandas Sampel.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY