Terkait Waruga di Minut, Ini Jawaban Gubernur

0
142
Olly Dondokambey, Gubernur Provinsi Sulut.
Olly Dondokambey, Gubernur Provinsi Sulut.

CINTASULUT,COM,- Menjawab keprihatinan dari berbagai pihak terkait kondisi Waruga atau kuburan kuno lewat pemberitaan di media, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey pun menanggapi.
Menurutnya, Waruga tersebut jadi perhatian Pemprov. Ini bisa dilihat dari langkah yang akan diambil pemerintah dengan menyediakan lahan baru untuk memindahkan keberadaan Waruga tersebut.
“Akan diatur di satu tempat. Saat ini kan keberadaan waruga ada di mana-mana,” ujar Gubernur saat ditanyai wartawan usai pelaksanaan rapat paripurna penyampaian KUA-PPAS Tahun 2017, Jumat (4/11/2016) kemarin di Gedung DPRD Sulut.
Ditambahkan Gubernur, nantinya Waruga tersebut bakal dibangun lebih bagus lagi. “Akan dibuat di samping danau dan dibuat lebih rapi sehingga saat dikunjungi masyarakat bisa merasa nyaman,” terang Gubernur.
Diketahui, Waruga Sawangan yang dimaksud merupakan Cultural Heritage atau warisan budaya yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Sebuah tempat kubur batu Minahasa kuno yang merupakan aset Wisata, Budaya dan Sejarah di Sulawesi Utara.
Waruga ini sangat unik karena merupakan kubur orang Minahasa kuno berupa batu berongga bersegi empat setinggi sekitar 1 meter, tempat meletakan jasad dalam posisi duduk, dan cungkup batu yang menutupinya. Satu Waruga biasanya digunakan sebagai batu kubur untuk satu keluarga, sehingga berisi sampai 12 jasad, yang bisa dilihat dari jumlah garis yang ditoreh pada cungkup Waruga.
Bila keberadaan Waruga tersebut diperbaiki, diyakini bisa menyentuh sektor perekonomian dan mendatangkan devisa bagi Kabupaten Minahasa Utara maupun Provinsi Sulut.* (jane)

SHARE

LEAVE A REPLY