Terkesan Ada Bagian ‘Menggelitik’ Dalam Pemandangan Umum Fraksi Partai Nasdem DPRD Sulut, Fabian Kaloh Pun Curiga

0
52
Fabian Kaloh (Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut).
Fabian Kaloh (Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut).

CINTASULUT.COM,- DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (5/11/2019) beberapa hari yang lalu menggelar rapat paripurna terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2020.
Pada rapat tersebut, setiap fraksi yang ada di DPRD Sulut menyampaikan Pemandangan Umum kepada pihak Pemerintah Provinsi Sulut yang dipimpin langsung Gubernur dan Wakil Gubernur, Olly Dondokambey-Steven Kandouw.
Saat Fraksi Partai Nasdem membacakan pemandangan umumnya, dipertanyakan pula terkait pelantikan Bupati Talaud terpilih yang belum dilaksanakan.
Bagian itu pun dikritik tajam salah satu Anggota Dewan, Fabian Kaloh.
Menurut Fabian yang juga Wakil Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan ini, Pemandangan Umum yang menyebutkan tentang pelantikan Bupati Talaud, Elly Lasut tidak ada kolerasinya dengan penyampaian Gubernur terkait RAPBD 2020.
“Pemandangan itu adalah respon terhadap penyampaian Gubernur, atas penyampaian Gubernur tersebut maka ada pemandangan umum fraksi. Oleh karena itu tidak boleh keluar dari apa yang disampaikan pemerintah/eksekutif. Tidak boleh out of content. Maka dari itu pada pemandangan umum Fraksi Partai Nasdem kemarin ada beberapa yang keluar menurut saya dari konten, salah satunya adalah tentang pelantikan bupati. Dalam rangka apa mereka (Fraksi Partai Nasdem) sampaikan itu? Apa hubungannya APBD dengan pelantikan bupati? Tidak ada korelasi itu kan?,” tutur Legislator Dapil Bitung-Minut ini kepada sejumlah awak media, Rabu (6/11/2019) di salah satu ruangan di kantor DPRD Sulut.
Dirinya pun dengan tegas mengingatkan agar jangan coba-coba ‘bermain’ dengan APBD.
Fabian pun mengungkapkan kekhawatirannya ada bargaining-bargaining politik untuk kepentingan-kepentingan segelintir orang masuk di APBD.
“ABPD akan saya kawal. Catat saja, kalau kemudian APBD ada keterlambatan saya jadi curiga ini karena bergaining-bergaining itu atau muatan. Kan keliatan…bagaimana kalo pemandangan umum trus keluar dari yang dibicarakan?” tandas Politisi PDIP ini.
Sementara, terkait pendapat yang dilontarkan oleh Fabian Kaloh, Ketua Fraksi Partai Nasdem saat ditemui media ini belum bisa memberikan komentar.* (jane)

==========
Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY