Ternyata Ini Rahasia Edward Simarmata Tertibkan “Perwajahan” Kantor PN Manado

0
464
Tampilan depan kantor PN Manado saat ini.
Tampilan depan kantor PN Manado saat ini.

CINTASULUT.COM,- Bila sebelumnya di depan kantor Pengadilan Negeri (PN) Manado terlihat semeraut karena adanya pedagang kaki lima yang berjualan, untuk beberapa hari ini terlihat rapi dan tertib. Bukan hanya itu, pemandangan pun terlihat indah dengan adanya bunga-bunga di tempat pedagang kaki lima jualan.
Bukan hanya itu, kemacetan yang selalu menghiasi depan kantor PN Manado teratasi.
Ditelusuri, ternyata ini adalah upaya dari Ketua PN Manado, Edward Simarmata, SH. LLM. MTL yang mengubah beranda PN Manado lebih nyaman.
Dikatakan Juru Bicara (Jubir) PN Manado, Hakim Vincentius Banar kepada wartawan, Ketua PN Manado punya cara unik untuk menyelesaikan masalah tersebut.
“Mengatasi macet? Sekarang di pagar kantor dipasang speaker outdoor, yang dapat mengeluarkan suara pengumuman dari operator. Jika terjadi kemacetan, yang dipantau dengan kamera CCTV, langsung terdengar suara, agar kendaraan segera melanjutkan perjalanan. Terus terdengar berulang-ulang, dengan volume keras,” tutur Hakim Banar, Senin (29/1/2018).
Sementara untuk mengatasi masalah PKL lanjut Hakim Banar, corong speaker yang sama, juga dipakai jika terdapat pedagang kaki lima berjualan secara liar.
“Lokasi trotoar yang sering dipakai berjualan, dipasangi pot ukuran besar dengan bunga berwarna cerah. Pengumuman akan terus terdengar berulang, sampai PKL liar meninggalkan lokasi. Ditambah dengan adanya plang pengumuman, dilarang berjualan di depan gedung pengadilan,” ujarnya.
Solusi cerdas, selain menghalangi lokasi PKL berjualan secara liar, sekaligus memperindah pandangan pejalan kaki.
Terbukti dalam pantauan media, dalam dua minggu terakhir mulai terlihat hasilnya. Arus kendaraan mulai lancar, PKL liar sudah tidak berjualan, dan pengunjung pengadilan dapat dengan tenang menyelesaikan urusan hukum.
Uniknya lagi, plang penunjuk arah telah dipasang di koridor trotoar pejalan kaki, yang mengarahkan ke lokasi gedung pengadilan.* (jane)

==========

Tulisan lain:

LEAVE A REPLY