Tidak Mendaftar BaLon Walikota Manado di Partai NasDem, Ini Komentar Victor Mailangkay

0
28
Victor Mailangkay
Victor Mailangkay

CINTASULUT.COM,- DR. J. Victor Mailangkay, SH. MH, Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (12/12/2019) mendaftar sebagai Bakal Calon (BaLon) Walikota Manado untuk Pilkada tahun 2020 mendatang di Partai Gerindra. Mendaftarnya Mailangkay yang juga adalah Wakil Ketua DPRD Sulut di Partai Gerindra berdasarkan undangan DPC Partai Gerindra Manado.
Pasca mendaftar, Victor Mailangkay yang diwawancarai sejumlah awak media saat disuguhkan pertanyaan mengapa tidak mendaftar lewat internal Partai Nasdem mengatakan, “Internal Nasdem kan diberitahukan. Pendaftarannya dimulai 25 November hingga tanggal 10 Desember, sudah ditutup dua hari yang lalu. Dan saya tidak mendaftar. Saya musti konsultasi dulu dengan pimpinan-pimpinan partai. Belum final saya berkonsultasi, sudah ada undangan dari ekstenal,” terang Mailangkay, usai mendaftar di Partai Gerindra di Hotel Aston.
Pertanyaan pun berkembang, apakah internal partai yang tidak mendaftar bisa dicalonkan?
“Ada klausul dalam PO 006 bahwa DPD kabupaten/kota yang menginventarisir bakal calon ini, DPW dapat menambah dua orang yang bisa dimanfaatkan. Nah mungkin cara itu yang bisa dimanfaatkan jika pimpinan Partai NasDem mengijinkan saya untuk ikut di pilkada nanti,” kata dia.
Lanjut dikatakan Mailangkay, Partai Nasdem punya mekanisme dalam menentukan calon.
“Mekanismenya adalah lewat survei. Bisa dari internal, bisa dari eksternal, siapa yang disukai rakyat itulah yang diusung Nasdem,” ungkap dia.
Sekali lagi ditekankan Mailangkay, walaupun tidak mendaftar sebagai Bakal Calon Walikota Manado di internal Partai Nasdem, namun ada kemungkinan dipertimbangkan ataupun diusung partai.
“Saya, walaupun tidak mendaftar tapi ada klausul yang bisa digunakan yaitu DPW melakukan rapat tentang Manado. Bisa menambah dua nama tapi tidak boleh kurang. Mungkin ruang itu yang bisa saya gunakan jika pimpinan partai merestui saya untuk maju dalam pertarunga pilkada 2020,” ucap Politisi Partai NasDem ini.
Ditegaskan Anggota DPRD Sulut lima periode ini, dirinya akan tetap tegas lurus terhadap keputusan partai.
“Saya akan loyal pada keputusan partai,” tandas Mailangkay.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY