Tombeng Sesalkan Keberadaan Waruga Terabaikan

0
93
Herry Tombeng SH, Anggota DPRD Sulut.
Herry Tombeng SH, Anggota DPRD Sulut.

CINTASULUT.COM,- Herry Tombeng, SH, Legislator di DPRD Sulut sangat menyesalkan keberadaan sejumlah waruga atau kuburan kuno milik leluhur yang kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal, itu merupakan salah satu warisan budaya yang ada di Provinsi Sulut.
Seperti dikatakan Legislator dari dapil Minut-Bitung ini kepada wartawan, Selasa (1/11/2016) di ruang Komisi IV. Menurutnya, 31 waruga di sekitar pembangunan Waduk Kuwil Kawangkoan Kecamatan Kalawat, harus dipindahkan terlebih dahulu sebelum dilakukan pengerjaan suatu proyek.
“Ya, memang seharusnya begitu. Ada 31 waruga. Bukan hanya itu, ada juga Walak Makaleuw sejak tahun 1500-an. Jadi, wajib dipindahkan atau diamankan terlebih dahulu,” jelas Tombeng.
Dikatakan pula, jika dilakukan pemindahan Waruga dan Walak Makaleuw, pemerintah wajib melibatkan beberapa pihak. “Seperti tokoh masyarakat, Pemkab dan Dinas Purbakala,” ujar anggota dewan yang diusung Partai Gerindra ini.
Tombeng yang juga berlatar belakang budayawan, menyatakan kesiapan bila dimintakan pemerintah untuk membantu proses pemindahan Waruga. “Ya, sebagai pemerhati budaya, kami siap,” singkat Tombeng menutup percakapan.* (jane)

SHARE

LEAVE A REPLY