UKIT – YPTK GMIM Gelar Bedah Pemikiran Tokoh Mezak Arnold Ratag

0
1
Prof. Dr. Mezak Arnold Ratag, APU
Prof. Dr. Mezak Arnold Ratag, APU

CINTASULUT.COM.- Program Pascasarjana Teologia UKIT YPTK GMIM hari ini, Kamis (24/9/2020) menggelar acara ‘Bedah Pemikiran Tokoh’ Prof. Dr. Mezak Arnold Ratag, APU.
Acara ini akan menampilkan pembedah yakni Benny A. Ratag (ekonom dan praktisi Pasar Modal) dan Pdt. Dr. Richard A.D. Siwu, MA, STM, PhD (teolog dan budayawan).
Kegiatan ini akan berlangsung melalui aplikasi Zoom mulai pukul 13.00-15.30 WITA dan terbuka untuk umum.
Bagi yang berminat mengikuti acara ini dapat mendaftarkan diri melalui WA di nomor 082189056200 dan 081244002646.
Terinformasi, kegiatan ini digelar untuk memperingati hari lahir pakar astronomi alm. Mezak Arnold Ratag yang jatuh tepat hari ini.
Prof Dr. Mezak Arnold Ratag adalah salah seorang astronom brilian Indonesia. Ia lahir di Malang pada 24 September 1962
Peraih predikat Pelajar Teladan II Tingkat Nasional Tahun 1980 ini meraih gelar Sarjana Astronomi Institut Pertanian Bogor pada Oktiber 2985 dengan predikat Cum Laude.,
Gelar doktornya diperolehnya di usia belum genap 29 tahun, yakni pada bulan Juni 1991 setelah mempertahankan disertasi berjudul “A Study of Galactic Bulge Planetary Nebulae” di Rijksuniversiteit te Groningen di Groningen, Belanda.
Mezak Arnold Ratag dikenal sebagai ilmuwan kelas dunia. Ia banyak menemukan benda-benda langit yang dikenal sebagai planetary nebulae (PN). Lebih dari 100 buah planetary nebulae (PN) baru temuannya diakui dunia Bahkan The International Astronomical Union bahkan memuji karyanya pada planetary nebula sebagai “langkah maju yang besar dalam ilmu pengetahuan.”
Lebih dari 100 international citations tentang karya-karya ilmiahnya dapat dijumpai dalam berbagai jurnal, buku, dan prosiding internasional.
Namanya telah diabadikan di 120 planetary nebula cluster, termasuk Ratag-Ziljstra-Pottasch-Menzies dan Ratag-Pottasch cluster, yang ia bantu temukan.
Sejumlah buku telah ditulisnya, yakni Perubahan Iklim, Dinamika Atmosfer, Pemodelan Sistem Iklim, Kamus Meteorologi Aeronautik, Aktivitas Matahari dan Variasi Iklim Bumi. Pada 1999, Mezak menuai hasil kerja keras dengan menjadi pengajar di Program Magister dan Program Doktor Pascasarjana ITB untuk mata kuliah Dinamika Atmosfer, Monsun, Klimatologi Global, Perubahan Iklim, Iklim, dan Cuaca Ekstrem. Tak hanya sampai disitu, ia juga menjadi dosen tamu di sejumah universitas dan institut di Amerika Serikat, Australia, Jepang, Belanda, Italia, India, Thailand, Taiwan, dan Malaysia.
Tahun 2001, Presiden RI mengangkat Mezak sebagai Ahli Peneliti Utama dan Profesor dalam bidang Astronomi dan Astrofisika.
Beliau pernah menjabat sebagai Kepala Puslitbang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelum kemudian mengajukan pensiun dini. Setelah pensiun ia pernah menjadi Kepala Sekolah SMP Lokon Tomohon. Pernah pula menjadi Rektor UKIT AZR Wenas 2017-2019.* (fen)

SHARE

LEAVE A REPLY