Wajah Sam Ratulangi Ada Di Uang Kertas Baru Pecahan Rp20 Ribu

0
374
Sam Ratulangi, pahlawan nasional kebanggaan Sulawesi Utara.
Sam Ratulangi, pahlawan nasional kebanggaan Sulawesi Utara.

CINTASULUT.COM,- Bank Indonesia Senin (19/12/2016) pagi ini telah meluncurkan 11 uang rupiah baru, terdiri dari 7 uang kertas dan 4 uang logam.  Peluncuran turut dihadiri Presiden Joko Widodo.
Kesebelas uang baru itu dihiasi oleh wajah dari 12 pahlawan nasional.  Di antaranya terdapat pahlawan nasional kebanggaan Sulawesi Utara, yakni Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi.
Gambar pahlawan yang terkenal dengan filsafatnya Si Tou Timou Tumou Tou itu terpampang pada uang kertas pecahan Rp20.000.
Tokoh yang lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi itu diangkat sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 590 Tahun 1961, tanggal 9 November 1961.
Pada masa penjajahan Jepang, Sam Ratulangi yang sangat berjasa dalam perjuangan melawan pembodohan dan kolonialisme Belanda di Manado itu diangkat menjadi salah satu anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).  Sesudah Negara RI terbentuk, peraih gelar Doktor der Natur-Philosophie (Dr. Phil.) bidang Ilmu Pasti dan Ilmu Alam di Universitas Zurich, Swiss tahun 1919 itu diangkat menjadi Gubernur Sulawesi yang pertama.
Di Manado, nama pahlawan kelahiran Tondano,  5 November 1890 dan wafat di Jakarta, 30 Juni 1949 itu juga telah diabadikan sebagai nama bandara, yaitu Bandara Sam Ratulangi, serta nama universitas negeri ternama di Sulawesi Utara, yaitu Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.
Selain Sam Ratulangi, ada sebelas pahlawan nasional lain yang  diabadikan dalam uang baru rupiah yang diluncurkan.
Ke sebelas pahlawan tersebut adalah proklamator Ir, Soekarno dan Mohammad Hatta yang terpampang di dalam uang kertas rupiah pecahan Rp100 ribu, Djuanda Kartawidjaja yang menghiasi uang kertas pecahan Rp50 ribu, Frans Kaisiepo menghiasi uang kertas pecahan Rp10 ribu, Idham Chalid menghiasi  uang kertas pecahan Rp5 ribu, Mohammad Hoesni Thamrin yang terpampang di uang kertas Rp2.000, dan Tjut Meutia yang gambarnya hadir di uang kertas Rp1.000,
Selanjutnya pahlawan yang wajahnya terukir pada uang logam baru yakni I Gusti Ketut Pudja di uang logam pecahan Rp1.000, TB Simatupang di uang logam pecahan Rp500, Tjipto Mangunkusumo  di uang logam pecahan Rp200, dan Herman Johannes di uang logam pecahan Rp100.* (Fendy)

==========

Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY