Bupati Bolmong Tutup Aktivitas Conch dan Sulenco

0
84
Bupati Bolmong saat lakukan sidak di PT Conch1
Bupati Bolmong saat lakukan sidak di PT Conch1

CINTASULUT.COM,- Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow resmi menutup aktivitas PT.Conch North Sulawesi Cement dan PT Sulenco Bohusami Cement, dua perusahaan industri semen yang berlokasi di Desa Solog, Kecamatan Lolak, Senin (5/6/2017) kemarin. Alasan penutupan kegiatan kedua perusahaan itu adalah karena belum mengantongi ijin.
β€œKami menutup bukan tanpa alasan. Pasalnya, perusahaan ini sudah membangun begitu hebat, namun dia tidak pnya ijin,” ungkap Yasti ketika berkunjung ke lokasi kegiatan PT. Conch.
Ia menambahkan, perusahaan bisa tutup selamanya bila tidak mengurus ijin yang harus dipenuhi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Yasti mengatakan,bahwa sebelumnya Pemkab Bolmong telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada perusahaan agar segera mengurus perijinan, namun tidak pernah diindahkan perusahaan.
Oleh karena itu, ”Sesuai dengan surat yang kami kirim ke pihak perusahaan pada hari jumat tanggal 2 juni, pertama bahwa hari ini Pemkab Bolmong akan mnenghentikan semua seluruh kegiatan operasional yang ada di PT. Sulenko dan PT, Conch. Kedua,semua bangunan yang ada disini yang belum ada ijin akan kami bongkar. Serta Ketiga,seluruh bangunan yang tidak sesuai peruntukannya,maka ijin-ijinnya kami cabut ” ujar Yasti.
Yasti meminta perusahaan untuk melengkapi Wilayah Ijin Usaha Pertambangan (WIUP), Ijin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi, dan IUP Eksploitasi Produksi.
β€œKalau tiga ijin ini perusahaan tidak punya,saya akan memerintahkan Polisi Pamong Praja ( SatPol PP) untuk mengeluarkan secara paksa orang-orang yang sedang bekerja di sini, dan belum ada kegiatan di tanah Bolmong sampai dengan semua ijin ini selesa,” tegas mantan anggota DPR RI ini.
Yasti menambahkan,akan menunggu semua ijin untuk dilengkapi baru bisa beroperasi di wilayah Bolmong. Selama perusahaan belum mengurus izin, maka selama itu juga Pemkab Bolmong akan menghentikan aktivitasnya.* (fen)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY