Jaring Silaturahmi, Silangen-Kawatu Ungkap Ini di Kegiatan Media Gathering

0
3

IMG-20211207-WA0002~2

CINTASULUT.COM,- Keluarga Besar DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (6/12/2021) kemarin siang hingga sore melaksanakan kegiatan Media Gathering guna menjalin silaturahmi antara para awak media yang terhimpun dalam Forum Wartawan DPRD Sulut (FORWARD), Sekretariat DPRD Sulut bersama Pimpinan dan Anggota Dewan di Ranowangko Beach, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa.
Kegiatan yang dipandu oleh Ketua FORWARD dua periode Nobert Losa sebagai moderator berlangsung santun dan gelak tawa.
Saat memberikan sambutan, Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu mengatakan bahwa kegiatan ini diperuntukkan untuk mempererat silaturahmi dan koordinasi antara Forum Wartawan Dewan (Forward) dan DPRD Sulut.
“Ini perlu dilakukan karena pers sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia sangat menunjang fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan DPRD Sulut, beserta program pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,” ucapnya.
Sekwan Glady pun mengungkapkan rasa syukur karena lewat kegiatan Media Gathering tersebut sinergitas semakin terjalin dengan baik.
“Tidak hanya dalam mempublikasikan pencapaian DPRD Sulut, tapi juga dalam Pers memberikan kritik membangun terhadap kinerja seluruh anggota dewan dan Sekretariat DPRD Sulut,” kata Sekwan.
Dirinya juga menyebutkan, apresiasi ini diberikan tanpa niatan mengekang kebebasan Pers, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik. Sekwan tidak ingin para awak media salah sangka dengan pelaksanaan kegiatan.
Kami berterima kasih kepada Forward dan wartawan yang meliput di DPRD Sulut, karena sampai saat ini pemberitaannya sebagian besar masih kondusif. Tapi bukan berarti ke depannya kami berniat untuk menekan kebebasan Pers dan mengintervensi aktivitas jurnalistik kawan-kawan,” sebut Kawatu.
“Silahkan beraktifitas sebagaimana tupoksi Pers. Hanya pastikan berita yang dimuat sesuai fakta dan memiliki etikat baik,” tutup Kawatu.
Sementara, Ketua DPRD Sulut, dr Fransiscus Andi Silangen sebagai narasumber di kegiatan Media Gathering itu banyak memberikan masukan dan saran juga, hal-hal yang perlu diketahui para kuli tinta.
Ketua DPRD Sulut Andi Silangen juga menuturkan bahwa peran pers di tengah-tengah Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut sangat penting.
“Masyarakat tidak akan tahu tugas dan fungsi yang sedang dan sementara dilakukan Anggota DPRD Sulut tanpa adanya pers. Untuk itu, Pers sangat berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan Pimpinan bersama Anggota DPRD,” Ucap Silangen.
Personil Komisi I DPRD Sulut Fabian Kaloh juga pada kesempatan itu mengatakan bahwa Forward (Forum wartawan DPRD Sulut) telah menjadi media partner. Kiranya ke depan pers selalu bisa menampilkan pemberitaan yang kondusif.
“Pers harus memberitakan berita yang sesuai fakta dan harus berbau baik. Tapi sejauh ini saya melihat bahwa teman-teman Forward telah berjuang keras untuk bisa menampilkan pemberitaan yang sangat baik. Kiranya hal itu menjadi buah baik untuk kami anggota DPRD dalam mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, tapi juga menjadi pahala untuk teman-teman pers,” jelasnya.
Media gathering ditutup dengan ramah tamah dan rangkaian kegiatan rekreasi yang semakin mempererat hubungan kekeluargaan di DPRD Sulut.
Hadir juga di kegiatan itu Anggota Dewan lainnya yakni, Fabian Kaloh dan Melky Pangemanan.* (Jane)

SHARE

LEAVE A REPLY