Mantan First Lady Sulut Diopname, Tuuk Desak Dinkes Sulut Beri Perhatian Khusus

0
523
Ny. NZ. Tumbelaka-Ticoalu, Istri Gubernur pertama di Sulawesi Utara (foto: internet).
Ny. NZ. Tumbelaka-Ticoalu, Istri Gubernur pertama di Sulawesi Utara (foto: internet).

CINTASULUT.COM,- Istri Gubernur pertama di Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus Ketua DPRD Sulut pertama, NZ Tumbelaka-Ticoalu kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis di Minahasa Utara.
Walaupun pernah menjadi wanita nomor satu di Provinsi Sulut namun sosok yang memiliki peringai kalem, ramah, dan murah senyum ini tak sekalipun mengharapkan perhatian lebih dari pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Sulut. Padahal, jasa wanita tegar ini juga sangat besar untuk daerah Nyiur Melambai ini.
NZ. Tumbelaka-Ticoalu termasuk salah pelaku penyelesaian pergolakan Permesta, sehingga Pangdam XIII/Merdeka saat itu, Brigjen Soenandar Pridjosoedarmo memberikan penghargaan khusus kepada ibu dari Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka ini.
Melihat itu, Anggota DPRD Sulut dua periode, ir. Julius Jems Tuuk berpendapat wanita yang pernah menjadi First Lady di Sulut ini sepantasnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah, apalagi saat ini sedang terbaring sakit di RSUD Maria Walanda Maramis di Minahasa Utara.
Dikatakan Tuuk, dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Sulut harus aktif, peka, dan memberikan empati terhadap ibu NZ. Tumbelaka-Ticoalu.
“Ibu Tumbelaka sekarang di rawat di rumah sakit, saya dengar sudah 4 hari. Seharusnya ada perhatian lebih dari pemerintah untuk Beliau. Ingat, ibu Tumbelaka itu istri Gubernur dan juga Ketua DPRD pertama di Sulut,” ucap Tuuk kepada media ini via ponsel, Sabtu (22/5/2021).
Tuuk pun mendesak agar Dinas Kesehatan Provinsi Sulut mendatangi langsung ibu NZ. Tumbelaka Ticoalu di rumah sakit.
“Dicek lah, ibu kan sekarang sudah berumur 83 tahun, saya pikir di usia seperti itu tidak baik dirawat di rumah sakit apalagi kondisi sekarang masih situasi covid. Jika bisa konsultasikan kepada pihak rumah sakit apa bisa di rawat khusus di rumah atau bagaimana,” ucap Tuuk.
Masih oleh Tuuk, informasi diterima justru Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulut yang sudah menjenguk ibu NZ. Tumbelaka-Ticoalu di Rumah Sakit.
“Padahal kan itu bukan domainnya, tapi perhatian ibu Rini patut diapresiasi. Beliau begitu menunjukkan rasa empati yang luar biasa. Sedangkan Kadis Kesehatan?,” kata Tuuk.
Tuuk juga meminta agar Dinkes Provinsi Sulut memberikan pelayanan standart Rumah Sakit bila ibu NZ. Tumbelaka-Ticoalu oleh pihak Rumah Sakit diijinkan dirawat di rumah.
“Misalnya, visit dokter dan ada perawat 1×24 jam,” tutup Tuuk.
Terpisah, Taufik Tumbelaka saat dikonfirmasi media ini terkait kebenaran ibunda saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Maria Walanda Maramis Minut pun membenarkan.
“Iya, sejak kamis. Sekarang berada di ruangan observasi khusus,” aku Taufik.
Dirinya pun membenarkan bila saat ini sedang menunggu keputusan dari pihak Rumah Sakit apakah tetap diopname atau diijinkan melakukan perawatan di rumah.* (Jane)

LEAVE A REPLY