Melky Pangemanan Serap Aspirasi di Desa Karegesan, Masyarakat Keluhkan Minimnya Tenaga Medis

0
23

SAVE_20210408_175916

CINTASULUT.COM,- Anggota DPRD Sulut Melky Jakhin Pangemanan (MJP), Kamis (8/4/2021) siang melaksanakan Reses I Tahun 2021 di titik keempat, yakni di Desa Karegesan Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
Saat reses berlangsung sejumlah aspirasi disampaikan warga, salah satunya tentang minimnya tenaga medis di Puskesmas.
Ini disampaikan mantan Ketua Penggeraknya PKK Desa Karegesan, Elisabet Sibi.
“Sudah ada bangunan puskesdes tapi bolehkah ada tenaga kesehatan sehingga bisa memberikan pelayanan yang prima,” ucap Sibi di reses.
“Memang ada tenaga medis tapi sangat kurang, itu pun tidak tinggal di desa ini,” tutur dia.

SAVE_20210408_175931 Menanggapi itu, Melky Pangemanan yang terdaftar sebagai Anggota Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Sulut mengatakan bahwa ketersediaan tenaga medis yang memadai demi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sangat penting.
“Menjadi catatan dan segera disampaikan kepada bupati,” ucap Melky.
Selain minimnya ketersediaan tenaga medis di puskesmas, aspirasi warga juga menyangkut permohonan bantuan dari pemerintah dalam menunjang perekonomian seperti bantuan alat ataupun modal usaha.
Ada juga aspirasi terkait kesejahteraan guru honorer tingkat SD/SMP dan pensiunan.
Begitu juga terkait infrastruktur jalan perkebunan. Disampaikan warga bahwa saat panen hasil perkebunan warga diperhadapkan dengan akses jalan yang tidak memadai.
“Akses ke kebun susah. Mengeluarkan hasil panen dengan ongkos yang besar. Tolong perhatikan infrastruktur jalan perkebunan,” ungkap Hendri Katuuk.
Melky sendiri dalam menyerap aspirasi mengungkapkan bahwa tidak semua aspirasi menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sulut.
“Ada juga kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota. Dan, untuk aspirasi yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten akan saya sampaikan kepada pak bupati, dan yang menjadi kewenangan provinsi akan saya teruskan ke instansi terkait agar ditindaklanjuti,” tandas Melky.
Diketahui, di reses itu hadir pula Hukum Tua Desa Karegesan, Jhony Karamoy dan Ketua PKK Desa Karegesan, Altje Karamoy Maindoka dan masyarakat.* (jane)

SHARE

LEAVE A REPLY