Peduli Pemberdayaan Perempuan Pesisir di Bolmut, Talibo Usul Pengadaan Bantuan Sepeda Motor

0
72
Hj. Ainun Talibo (kiri), Ir. Ronald Sorongan MSi. (kanan).
Hj. Ainun Talibo (kiri), Ir. Ronald Sorongan MSi. (kanan).

CINTASULUT.COM,- Hearing atau dengar pendapat antara Komisi II bidang Keuangan dan Ekonomi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulut, Rabu (7/6/2017) kemarin di kantor DPRD Sulut, Hj. Ainun Talibo salah satu anggota Komisi II mengusulkan pemerintah provinsi lewat dinas terkait agar bisa menyediakan bantuan kepada perempuan pesisir berupa sepeda motor. Hal ini menurutnya, karena banyak perempuan yang berprofesi sebagai penjual ikan di wilayah Bolaang Mongondow Raya (Bolmong Raya) hanya menggunakan alat tradisional.
“Di Bolmut (Bolaang Mongondow Utara, red) ada ibu ibu yang menjual ikan dengan cara dipikul. Kalau (bisa) ada bantuan berupa sepeda motor, kan banyak perempuan penjual ikan bisa mengendarai motor,” ujar istri Bupati Bomut ini di hearing.
Dirinya berpendapat, bantuan Pemprov yang disalurkan ke Kabupaten Bolmut masih sangat kurang.
“Kalau ini ada bantuan untuk pemberdayaan perempuan pesisir yang jumlahnya 49 juta, saya rasa bisa dipergunakan dalam bentuk barang seperti sepeda motor dan lain lain,” usul Talibo di rapat.
Menanggapi itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Sulut Ir. Ronald Sorongan, MSi., mengatakan, usulan bantuan sepeda motor untuk pemberdayaan perempuan pesisir tergantung anggaran yang disediakan di APBD.
“Anggaran 49 juta itu berupa pelatihan bagi pemberdayaan perempuan pesisir sekaligus membeli bahan pelatihan seperti bagaimana cara membuat bakso ikan dan kerupuk ikan. Dan kalau untuk ibu ibu penjual ikan dengan cara di ikul, ada alokasi coolbox,” terang Sorongan, sembari menambahkan bila dinas terkait hanya mengusulkan program yang disetujui DPRD.* (jane)

==========
Tulisan lain:

LEAVE A REPLY