SETWAN Sulut dan FORWARD Gelar Diskusi

0
2
Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu (tengah) saat membuka kegiatan  diskusi.
Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu (tengah) saat membuka kegiatan diskusi.

CINTASULUT.COM,- Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Forum Wartawan DPRD (FORWARD) Sulut, Jumat, (2/7/2021) kemarin sekira pukul 10:00 Wita menggelar Media Gathering Pondok Hijau Manado.
Kegiatan tersebut selain menjalin silahturahmi antar mitra kerja juga diskusi singkat.
Adapun kegiatan itu dibuka secara langsung oleh Sekretaris DPRD Sulut, Gledy Kawatu, SH. MH dengan moderatur yaitu Ketua FORWARD Sulut, Noberd Losa. Sedangkan pemateri adalah Taufik Tumbelaka, salah satu pengamat politik dan pemerintahan di Sulut.
Dalam membawakan materi di kegiatan bertemakan ‘Pers Sebagai Four Estate di Era Reformasi’, Tumbelaka menyentil soal Konsep Pemisahan Kekuasaan (separation of powers) oleh Filsuf Inggris John Locke (1632 -1704). Dirinya pun mengkritik kekuasaan absolut dari Raja-raja Struart (1690), buku Two Treatises of Civil Government.
“Menurut Locke, kekuasaan dibagi 3 yakni Kekuasaan Eksekutif, Legislatif (yudikatif di dalamnya), dan Federatif menjaga keamanan negara.
Montesquieu (1689-1755) juga pada tahun 1748 mengembangkan pemikiran Locke dengan buku L’ Esprit des Lois (The Spirit of The Laws) sebagai respon karena melihat sifat despotis raja Bourbon,” jelas Tumbelaka.
Tugas Jurnalis dalam menulis berita, lanjut Taufik, harus mengikuti aturan yang berlaku yaitu 5W 1H, cover both side, dan berdasar pada Kode Etik Jurnalistik.
“Tahapan inilah yang menjadi dasar jurnalis dalam menerbitkan sebuah berita pemerintahan maupun pemberitaan lainnya,” kata abang (sapaan akrabnya).
Merujuk pada kemitraan Setwan dan Forward, Abang mengatakan bahwa hal ini sebagai bentuk kolaborasi, tapi juga sebagai mitra strategis dan mitra kritis.
“Sinergi antar sesama anggota Forward maupun kolaborasi Forward dan DPRD Sulut dianggap perlu dibangun. Contohnya setwan memenuhi kebutuhan jurnalis seperti fasilitas penunjang kerja jurnalis di ruang Sekretariat Forward, yakni Computer atau Laptop, dan juga hal kecil lainnya seperti air minum di ruang Forward,” jelasnya.
“Kita semua saling mendoakan agar kinerja Sekretariat dan Seluruh Anggota DPRD Sulut dapat berjalan sesuai koridor dan untuk Forward, kiranya menjadi mitra kritis dalam artian kritik membangun. Karena hal itu penting dalam setiap kerja pemerintahan,” tambahnya.

Foto bersama Sekretaris Dewan, narasumber, serta pimpinan dan anggota FORWARD.
Foto bersama Sekretaris Dewan, narasumber, serta pimpinan dan anggota FORWARD.

Menanggapi itu, Sekwan Glady Kawatu menyoroti pernyataan Abang taufik soal fasilitas penunjang kerja jurnalis di DPRD Sulut.
“Soal fasilitas penunjang Forward, saya akan secepatnya menindaklanjuti hal itu. Untuk persediaan air minum pastinya dalam waktu dekat ini, mungkin pekan depan akan segera (kami) sediakan di ruang pers. Dan untuk PC atau laptop, kami setwan akan melihat anggaran yang ada, tapi pastinya akan menjadi perhatian kami,” jelas Kawatu.
Glady juga menuturkan peran pers dianggap sangat penting, karena pers adalah mitra penunjang seluruh kegiatan DPRD Sulut. Tapi juga sebagai corong lembaga legislatif untuk diketahui masyarakat.
“Peranan Forward di lembaga legislatif sangat penting. Kiranya kemitraan yang terjalin antara Sekretariat DPRD dan Forward bisa selalu berjalan dengan baik,” tutupnya.
Pada kegiatan itu pula, Kagama Manado melalui Taufik Tumbelaka memberikan 550 masker dan Handsanitizer kepada Forward sebagai penunjang peliputan pers di pandemi Covid-19 ini.
Diketahui, kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan guna meminimalisir penyebaran Covid-19.
Turut hadir dalam media gathering itu yaitu Kabag Keuangan Dammy Tendean, Kabag Umum Jhon Paerunan, Kabag Persidangan Ronny Geruh, dan seluruh jajaran Sekretariat DPRD Sulut serta Pimpinan dan Anggota Forward.* (Jane)

LEAVE A REPLY