Tuuk Nilai Dondokambey Layak Jadi Cawapres, Dampingi Jokowi di Pemilu 2019

0
9
Ir Julius Jems Tuuk.
Ir Julius Jems Tuuk.

CINTASULUT.COM,- Pemilu dan Pilpres 2019 akan dilaksanakan secara serentak. Selain calon presiden (Capres) penantang petahana Joko widodo, publik juga disuguhi drama menarik mencari calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Joko Widodo.
Banyak figur disebut-sebut layak mendampingi Joko Widodo, di antaranya Surya Paloh, Agus Harimurti, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, hingga Kapolri.
Namun, ajang politik memperebutkan kursi nomor dua di Istana Merdeka, dinilai masih kurang. Menurut Ir.Julius Jems Tuuk, akan lebih menarik bila Putra Sulut pun ikut serta sebagai calon wakil presiden 2019. Bahkan, Legislator di DPRD Sulut ini mengatakan bahwa Olly Dondokambey yang notabene juga sebagai Gubernur Provinsi Sulut, sangat layak dipasangkan dengan Joko Widodo.
Bukan tanpa alasan Olly Dondokambey dinilai layak. Menurut Tuuk, Dondokambey memenuhi banyak kriteria, termasuk jika opsi pendamping Jokowi diambil dari luar pulau Jawa atau perwakilan Indonesia bagian timur.
“Artinya jika skanario pendamping Jokowi luar pulau Jawa maka bapak Olly Dondokambey merupakan pilihan logis. Termasuk ketika Indonesia timur ingin mengangkat figur baru pengganti Jusuf Kalla, maka Olly Dondokambey pilihan tepat karena sejauh ini hanya beliau figur Indonesia timur setelah Jusuf Kalla yang kiprah politiknya di pusat paling menonjol,” ujar politisi PDIP ini, ketika dimintai tanggapan sejumlah wartawan di ruang kerja kantor DPRD Sulut, Rabu (4/4/2018).
Legislator terbaik peraih penghargaan Forward Award 2016 dan 2017 ini juga menyebutkan, banyak kelebihan Olly Dondokambey. Matang di dunia politik, Olly Dondokambey seorang negarawan, pendamai, memiliki kekuatan dan kharisma merangkul.
“Beliau tidak punya musuh. Bayangkan ketika perseteruan sengit KMP dan KIH pasca Pemilu dan Pilpres 2014 lalu, hanya beliau yang mampu mencairkan persaingan panas kedua kubu. Beliau figur jarang bicara tapi banyak solusi. Beliau bukan sekedar politisi tapi juga negarawan, sehingga sangat layak beliau mendampingi bapak Jokowi di Pilpres 2019 mendatang,” ungkap Tuuk.
Lanjutnya lagi, di level partai, kiprah Olly Dondokambey sudah terbukti. Olly Dondokambey merupakan salah satu tokoh sentral mendampingi Megawati Soekarno Putri di balik sukses PDI-Perjuangan. Hampir tiga periode di DPR-RI, Olly Dondokambey tampil hebat memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya melalui kue pembangunan yang dinikmati masyarakat Sulawesi Utara.
“Beliau kader setia dan kesayangan ibu Mega. Tak heran dipercayakan sebagai Bendahara Umum PDI-Perjuangan. Prestasi gemilang beliau di partai dan ketika menjadi anggota DPR-RI berdampak positif pada keterpilihan beliau ketika dipercayakan masyarakat Sulawesesi Utara menjadi gubernur dengan suara mayoritas pada Pilkada 2015 lalu. Kesimpulannya, beliau ini ibarat martabak komplit,” tandas Jems Tuuk.* (jane)

==========

Tulisan lain:

SHARE

LEAVE A REPLY